Ini Dia Keuntungan yang Didapat dari Deposito Online

Internet sudah merambah ke segala aspek dalam kehidupan manusia. Berawal dari kebutuhan tersier hingga sekarang bisa saja menjadi kebutuhan utama untuk sebagian orang. Sekarang semuanya sudah bisa serba online, terutama bagi generasi milenial yang sudah sangat melekat dengan internet. Dan, investasi zaman sekarang pun berbeda dengan investasi yang dilakukan secara konvensional. Kamu cukup bermodalkan gawai atau smartphone dan kuota internet, maka kamu bisa berinvestasi dengan mudah. Salah satunya yang mudah dan bisa kamu lakukan dimana saja adalah deposito online, selain mudah kamu juga akan mendapatkan bunga deposito yang relatif tinggi. Tapi, sebelum lebih jauh, apa kamu tahu apa itu deposito online?

Deposito merupakan produk investasi berjangka yang cukup aman dan menguntungkan bagi nasabah. Produk yang satu ini memberikan bunga deposito yang lebih besar daripada tabungan pada umumnya dan dana yang tersimpan dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan apabila terdapat risiko pada bank tempat kamu menabung. Tentu saja, ini sangat cocok buat kamu yang mau berinvestasi jangka panjang. Tapi, sayang sekali banyak yang belum paham dengan sistem deposito karena prosesnya rumit. Nah, maka dari itu deposito online mungkin bisa menjadi solusi buat kamu yang tidak mau susah-susah datang ke bank untuk mendaftar deposito.

bunga deposito
bunga deposito

Deposito Online sendiri pun bisa menjadi tren baru dimana kamu bisa membuka akun deposito secara online tanpa harus susah lagi mendatangi bank atau kantor cabang untuk mengurus berbagai persyaratan. Kamu cukup kunjungi website bank tujuan dan penuhi persyaratannya secara online. Sudah lumayan banyak bank-bank besar yang menerapkan sistem deposito online mengingat tingginya penggunaan internet di Indonesia, karena selain praktis deposito online pun dinilai cukup menguntungkan dan tidak terlalu merepotkan bagi masyarakat. Selain bunga deposito yang relatif tinggi, apakah kamu tahu kelebihan lain dari deposito online? Berikut ini ulasannya.

  1. Mudah untuk dibuka

Sangatlah mudah untuk membuka deposito online. Kamu hanya perlu log in akun e-banking untuk mengakses pembukaan deposito dan mengisi formulir persyaratan, dan juga kelengkapan yang diminta. Berikut isian pada umumnya:

  • Nominal jumlah dana yang ingin disetor pada simpanan deposito
  • Pilihan jangka waktu
  • Pilihan antara perpanjangan secara otomatis atau manual

Setelah proses tersebut maka dana akan ditransfer dari rekening bank pada simpanan deposito. Selain itu kamu juga bisa membuka lebih dari satu akun deposito online.

  1. Mudah untuk ditutup

Apabila mudah untuk dibuka, tentu saja mudah juga ditutupnya. Proses penutupan deposito online juga bisa dilakukan secara online tanpa harus ke bank, sehingga jika kamu mau mencairkan dana atau menutup akun deposito hanya perlu dilakukan melalui e-banking. Terdapat dua pilihan untuk akun deposito online :

  • Deposito Non-ARO (tanpa perpanjangan), dana dari deposito plus bunga akan secara otomatis dialihkan pada rekening koran jika tanggal jatuh tempo.
  • Deposito dengan Rollover (perpanjangan otomatis), apabila pembatalan deposito dilakukan melalui internet dan akun e-banking yang sama.

Dengan demikian proses penutupan seperti ini juga menunjukkan bahwa deposito online lebih praktis daripada deposito konvensional. Meskipun begitu, kamu tetap harus teliti dalam memilih produk apapun yang akan kamu gunakan sehingga kamu bisa tetap konsisten dalam menabung dan memahami alasan kamu sendiri mengapa menggunakan produk tabungan seperti ini. Karena seberapa banyak pun tabungan yang kita simpan jika tidak memiliki tujuan pasti atau tidak bisa mengelola keuangan dengan baik tentu semua akan sia-sia.