Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Untuk Anak

Tabungan pendidikan adalah hal penting yang harus disiapkan orang tua begitu si kecil lahir. Karena tidak bisa dipungkiri, dana pendidikan terus meningkat tajam dari tahun ke tahun. Padahal setiap orang tua tentu  ingin anak-anaknya mendapat pendidikan terbaik dan setinggi mungkin.

Tabungan pendidikan tidak selalu harus berbentuk uang tunai. Paling tidak ada lima cara menyisihkan pendapatan untuk pendidikan ananda.

Menabung emas. Dengan cara ini orang tua membeli sejumlah emas baik secara tunai maupun arisan yang kemudian disimpan untuk dipakai di kemudian hari saat si kecil memasuki jenjang sekolah. Cara ini termasuk mudah dan sederhana, dan cukup menguntungkan mengingat harga emas yang relatif stabil.

Tabungan pendidikan
Tabungan pendidikan

Membuka tabungan rencana di bank. Tabungan rencana ini ditentukan sendiri batas waktu dan setoran tetapnya oleh orang tua sesuai perkiraan kebutuhan dana pendidikan anak. Saldonya tidak boleh dicairkan sebelum jatuh tempo, dan setoran dana harus rutin. Cara ini cocok untuk Anda yang sering kesulitan menjaga saldo tabungan di bank.

Investasi. Baik online maupun offline. Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menyediakan sarana investasi untuk Anda. Tinggal memilih sesuai kebutuhan dan keahlian Anda. Bahkan investasi online bisa di beli dengan harga sepuluh ribu rupiah saja. Tapi pastikan dana yang diikutkan dalam investasi ini adalah dana nganggur dan tidak akan mengganggu kestabilan anggaran keuangan.

Asuransi pendidikan. Seperti halnya tabungan rencana di bank, asuransi juga mewajibkan Anda menyetor sejumlah tetap uang setiap bulan sebagai premi.

Reksadana. Ini adalah salah satu investasi yang cukup populer. Caranya juga mudah, dan tidak membutuhkan dana yang besar. Bahkan sekarang berinvestasi dan menabung di reksadana bisa dilakukan secara online dengan modal sangat ringan.  

PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) adalah salah satu perusahaan manajemen investasi terbesar di Indonesia. MAMI menyediakan dua puluh empat jenis reksadana bagi para nasabahnya, yang bisa dimanfaatkan sebagai tabungan pendidikan untuk anak. Di antaranya ada Manulife Saham (dan Saham Syariah), Manulife Obligasi (dan Obligasi Syariah), Manulife Pendapatan Bulanan, Manulife Sukuk Syariah, Manulife Dana Kas, dll.

Berdiri sejak tahun 1996, MAMI merupakan perusahaan manajemen investasi terpercaya. Nasabah akan didampingi oleh para konsultan investasi yang berpengalaman lebih dari sepuluh tahun di bidangnya. Beberapa produk MAMI seperti Manulife Pendapatan Bulanan dapat diandalkan sebagai investasi sekaligus tabungan pendidikan untuk mendukung dana sekolah anak-anak di masa depan. Kini bersama MAMI, orang tua dapat merencanakan masa depan ananda dengan lebih baik.

%d bloggers like this: