Tips Cara Menggunakan Ovutest Untuk Ibu Hamil

Masa subur merupakan masa dalam siklus menstruasi pada wanita yang terjadi setiap bulannya, dimana setiap menstruasi wanita menghasilkan 1 sel telur yang matang dan siap dibuahi oleh sel sperma, dimana ketika seorang wanita melakukan hubungan intim dan sel sperma berhasil membuahi sel telur akan memungkinkan terjadinya kehamilan.

Wanita memiliki 2 jenis hormon yang sangat berpengaruh dalam lingkungan kesehatan tubuhnya baik seputar organ reproduksi maupun tingkat masalah kesehatan dengan organ tubuh lainnya. Hormon yang terdapat pada wanita yakni hormon estrogen dan progesteron yang juga sangat berpengaruh pada siklus menstruasi pada wanita, tak hanya itu 2 hormon tersebut juga memiliki peranan dalam penentuan masa subur seorang wanita.

Cara Menggunakan Ovutest
Cara Menggunakan Ovutest

Namun hormon estrogen dan progesteron ini menyebabkan terjadinya perubahan fisiologis pada tubuh wanita jika dilihat dari beberapa faktor klinis, seperti :

1. Perubahan suhu basal tubuh.

2. Perubahan sekresi lendir leher rahim (serviks).

3. Perubahan pada serviks.

4. Panjangnya siklus menstruasi (metode kalender).

5. Indikator minor kesuburan seperti nyeri perut dan perubahan payudara.

Cara Menggunakan Ovutest Banyak cara untuk menentukan dan menghitung masa subur wanita, cara yang efektif dengan menggunakan pendekatan berbagai faktor yang dilihat pada perubahan suhu basal tubuh yang dipadukan dengan perubahan yang terjadi pada lendir di leher rahim (serviks). Faktor-faktor secara ilmiah telah terbukti mereflesikan perubahan hormonal dan status dari kesuburan secara akurat.

Adapula cara lainnya yang umumnya banyak dilakukan para wanita untuk menghitung dan menentukan masa subur dengan menggunakan sistem kalender yang merupakan cara alamiah dengan mencatat setiap siklus menstruasi yang dialami setiap bulannya dengan catatan memiliki siklus menstruasi yang normal dan teratur setiap bulannya.

%d bloggers like this: