Alt. 3: Hindari Dampak Buruk Sering di Depan Komputer dengan Cara Ini!

(Sumber gambar: www.portail-asie.com)

Bagi yang bekerja kantoran atau freelancer, kebanyakan dari kalian tentu bergantung pada penggunaan komputer. Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat teknologi komputer bisa membantu proses kerja berjalan dengan lebih mudah dan cepat. Itu sebabnya, beberapa jenis pekerjaan sering kali menuntut kita harus berada di depan komputer dalam waktu lama, guna menyelesaikan dokumen yang menumpuk. Terlepas dari segala manfaatnya, ternyata berada di depan komputer terlalu lama bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh seperti rasa kaku pada leher dan sakit mata, lho. Tak ingin ini terjadi pada kalian, berikut kami rangkum beberapa tips supaya tetap nyaman bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama. Simak sama-sama, yuk!
1. Perhatikan Posisi Duduk
Perlu diingat bahwa posisi duduk yang salah bisa menyebabkan tubuh terasa pegal dan sakit, khususnya bagian punggung. Itu sebabnya, ketika berada depan komputer, pastikan punggung kamu dalam posisi lurus dengan sandaran kursi dan leher tegak. Jangan lupa beri jarak sekitar 50cm antara mata dengan layar laptop, ya.

2. Pastikan Tetap Terhidrasi
Ketika sedang asik kerja, sering kali kita jadi kelupaan untuk minum air putih. Nah, kurang asupan mineral bisa berdampak sangat buruk untuk kesehatan tubuhmu seperti risiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Namun solusinya mudah, kamu hanya perlu mengisi botol air besar dan taruh di samping PC atau komputer. Pastikan selama kerja satu botol penuh itu harus habis, ya.

3. Istirahatkan Mata
Ketika menatap layar komputer dalam waktu lama, biasanya matamu akan menjadi kering dan perih. Tentunya ini sangat mengganggu produktifitas kerja, bukan? Nah, permasalahan ini bisa kamu atasi dengan mengalihkan pandangan ke objek lain yang memiliki jarak lebih jauh. Sebagai contohnya, kamu bisa melihat gedung perkantoran di balik jendela atau sekedar melihat langit-langit ruangan. Hal ini sebaiknya kamu lakukan setiap 2 jam sekali, ya. Namun, jika mata masih sering kering dan perih, kamu bisa membeli obat tetes mata atau konsultasikan ini dengan dokter terdekat.

4. Berdiri dari Kursi Komputer
Setelah berada di depan komputer dalam waktu yang lama, sempatkan beberapa menit keluar dari bangku kerja untuk merenggangkan tubuh. Jika kamu bekerja di kantor, hal ini bisa dilakukan dengan pergi ke kamar mandi atau mengambil air minum. Lalu, mengapa hal ini penting untuk dilakukan? Faktanya, tubuh yang kurang bergerak dapat memicu penyakit diabetes, obesitas, jantung, stroke, Alzheimer, dan Parkinson. Itu sebabnya, waktu istirahat selama bekerja juga perlu menjadi prioritas, ya!

5. Cukupi Asupan Nutrisi
Selain mendapatkan istirahat yang cukup, kamu juga perlu memperhatikan asupan nutrisi dalam tubuh. Tentu saja kamu tidak ingin produktivitas kerja terganggu karena tubuh kurang fit, bukan? Oleh sebab itu, kamu perlu mengonsumsi banyak Vitamin C yang bisa didapatkan dalam madu, susu, dan berbagai minuman sehat. Pastikan juga kamu tidak melewatkan jam makan pagi, siang, dan malam, ya. Dengan begitu, tubuh akan senantiasa terjaga selama bekerja.

6. Buat Komputer Nyaman Digunakan
Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah memastikan komputer kamu terasa nyaman untuk digunakan. Sebagai contoh jika kamu memiliki pekerjaan yang memerlukan ketelitian ekstra seperti edit foto dan coding, sebaiknya cari layar komputer berukuran cukup besar. Sebaliknya, jika kamu lebih sering menggunakan komputer untuk mengetik dokumen, pastikan keyboard komputer yang nyaman. Yuk, kenali kebutuhanmu dan buat waktu kerja jadi lebih nyaman.

Ternyata tidak sulit, ya, untuk bisa tetap nyaman di depan komputer dalam waktu lama. Yuk, ikuti 6 cara di atas dan buat waktu kerjamu jadi lebih produktif!

%d bloggers like this: