Strategi Komunikasi Politik

Seorang Public Relation dituntut untuk terampil dan ahli di bidang yang ia milki, pasalnya selain menjadi seorang praktisi Public Relations, juga harus memiliki keahlian di bidang lain untuk menunjang keahliannya.

Tidak mudah untuk menjadi seorang praktisi Public Relations, karena selain harus terampil dalam berkomunikasi juga harus terampil dalam menulis pesan. Tugas seorang Public Relations adalah sebagai penghubung antara perusahaan dengan publiknya, dimana seorangStrategi Komunikasi Politik PR harus bisa mengangkat citra positif suatu perusahaan yang ia tempati untuk bekerja dan untuk menjadi seorang Praktisi PR harus memiliki keahlian berikut ini:

  1. Harus memiliki hubungan dengan media (media relations), ini dimaksudkan ketika seorang praktisi Public Relation agar bisa bekerja sama dengan berbagai media guna untuk memberikan informasi ataupun meminta informasi.
  2. Keterampilan dalam menulis (writing), seorang PR harus terampil dalam menulis berita, dapat memberikan informasi dengat tutur kata yang bagus, dan bukan sembarang menulis tapi harus memiliki unsur green jurnalism atau seorang PR itu sekaligus bisa menjadi seorang jurnalis.
  3. Keterampilan mengedit (editing) adalah untuk memeriksa kembali informasi atau  beritayang akan di publikasikan.
  4. Keterampilan dalam membuat acara (special event) seperti merancang atau menyusun sebuah acara pameran, konferensi pers, open house, ulang tahun perusahaan dan lainnya.
  5. Keterampilan berbicara di depan umum (public speaking) harus luwes dalam berpidato atau menyampaikan informasi secara langsung di depan umum.
  6. Penelitian (research) melakukan penelitian guna menacari informasi atau data yang dibutuhkan oleh perusahaan sebagai sumber informasi yang aktual.
  7. Produksi (production) memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan perangkat komunikasi seperti fotografi, kamera, presentasi audio visual, komputer, internet dan sebagainya.
  8. Training, melakukan pelatihan atau mewakili organisasi guna memberikan informasi kepada staff, karyawan ataupun publik untuk memberikan informasi dan pemahaman dalam konteks tertentu.
  9. Manajeman, seorang PR harus menguasai berbagai divisi pekerjaan, seperti personalia, kearsipan, keuangan dan lainnya.
  10. Programming dan counselling, melakukan bimbingan untuk berbagai kebutuhan, guna mencapai tujuan bersama.

Itulah beberapa keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang Praktisi PR agar dalam melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar. Jika Anda ingin mengikuti pendidikan khusus Public Relation bisa cek di www.misi.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *