cara mengajari anak menulis

Orang tua memiliki banyak tugas untuk tumbuh kembang buah hati, salah satunya adalah mengajari anak untuk bisa menulis. Untuk melakukannya, pastinya dibutuhkan kesabaran dan cara yang tepat agar anak menjadi suka dengan aktivitas menulis. Saat anda mengajari anak untuk menulis, anda harus memahami bahwa anak belum memiliki pikiran sebagaimana orang dewasa, melainkan mereka masih senang bermain-main.

Jika anda tidak menunjukkan minat terhadap menulis, maka anda harus mencari solusi dan menerapkan metode belajar sambil bermain agar anak merasa tertarik dengan aktivitas menulis yang bisa dikenalkan sejak anak berusia tiga tahun. Berikut ini kami bahas beberapa cara mengajari anak menulis dengan menyenangkan.

  1. Menulis bayangan

Tahap pertama sebagai cara mengajari anak menulis adalah belajar menulis bayangan. Berikan pensil kepada buah hati lalu anda bisa mengajarkannya membuat garis secara bayangan yakni garis ke samping atau ke atas, lakukan sampai anak bisa melakukannya dengan lancar dan hasilnya terlihat lurus.

     2. Belajar mencoret-coret

Langkah selanjutnya, masih dalam bentuk permainan, anda bisa menyediakan kertas kosong bisa berupa buku gambar, kertas HVS, atau buku tulis. Berikan pensil pada anak lalu biarkan ia menuangkan semua imajinasinya ke kertas. Semakin rutin anak melakukannya, maka ia akan bercerita kepada anda mengenai imajinasi yang telah digambarnya. Sebagai orang tua, anda harus mengapresiasinya dengan positif dari apa yang dihasilkan oleh si kecil. coretan dalam kertas tersebut bertujuan agar anak lebih terampil dalam menggunakan pensil dan dapat melatih koordinasi antara otak dan tangan si kecil.

   3. Menebalkan garis

Berikutnya, anda bisa mengajarkan anak untuk menebalkan garis baik garis vertikal ataupun horizontal, biarkan ia menebalkan atau menyambungkan garis-garis tersebut. Berikutnya, berilah penghargaan terhadap hasil belajar si kecil sehingga ia akan merasa dihargai dan siap untuk belajar hal baru berikutnya.

   4. Menebalkan huruf

Jika kemampuan anak dalam menebalkan garis telah semakin baik, berikutnya anda bisa meningkatkan kemampuan menebalkan huruf. Agar hasilnya lebih baik, anda bisa memberinya buku yang berisi huruf putus-putus yang banyak dijual di toko buku.

Itulah empat cara mengajari anak menulis yang menyenangkan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *