Jika masih ada yang beranggapan bahwa bangsa indonesia saat ini adalah bangsa yang hanya kaya sumber daya alamnya saja tanpa diimbangi dengan kekayaan sumber daya manusia, adalah anggapan yang tidak sepenuhnya benar. Karena fakta membuktikan bahwa banyak pakar teknologi, pakar ekonomi, dan pakar-pakar  lain yang asli warga indonesia banyak dihormati dan disegani negara maju sekalipun karena keahliannya. Misalnya saja dalam hal teknologi IT, banyak orang-orang Indonesia yang mempunyai kèmampuan di atas rata-rata dalam hal IT. Biasanya orang-orang cerdas ini mempunyai kemampuan menerobos sistem keamanan dari situs-situs orang lain atau institusi lain. Orang yang mempunyai kemampuan IT pada level ini disebut hecker. Hecker pun dikategorikan menjadi hecker baik dan hecker jahat

Istilah hecker dalam bahasa indonesia sepadan dengan kata peretas . Istilah ini  berkonotasi positif karena biasanya seorang hecker memanfaatkan kemampuannya bukan untuk merugikan orang lain. Namun seiring dengan bertambahnya orang yang mendalami bidang IT, muncul hecker-hecker yang menyalahgunakan kemampuannya semata-mata untuk mencari keuntungan sendiri. Misalnya saja,kemampuannya itu digunakan untuk membobol sebuah situs online shop,kartu kredit,dan lain-lain. Untuk membedakan antara hecker baik dan hecker jahat,digunakanlah istilah cracher untuk hecker jahat.

Eksistensi dan kompetensi para hecker indonesia pantas diacungkan jempol. Ternyata ada salah satu hecker asli indonesia yang mampu menarik perhatian dunia. Karena beliau mampu mengubah arah satelit. Tidak main-main, bukan hanya sebuah situs yang mampu dibobol oleh beliau melainkan sebuah satelit. Dengan demikian, hecker asli indonesia itu bukanlah hecker ecek-ecek. Selain prestasi individu, prestasi komunitas para hecker indonesia pun sudah diakui kehebatannya ketika perang cyber dengan pasukan hecker asal Australia.  Perang cyber tersebut dipicu oleh tindakan gegabah tim intelegent asal negara kangguru ini yang membobol situs-situs penting pemerintahan indonesia tak terkecuali dokumen percakapan presiden indonesia. Hal itulah yang menyulut kemarahan pasukan cyber indonesia yang tidak terima apabila urusan dalam negerinya dibobol oleh tim intelegent australia. Untuk membalas perbuatannya itu, pasukan cyber indonesia melayangkan serangan dengan cara melumpuhkan ratusan àlamat situs asal australia baik yang dimiliki oleh warga sipil atau pemerintahnya. Mudah-mudahan saja hecker yang dimiliki bangsa ini merupakan hecker baik yang banyak bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *