Tahapan Saat Penggunanan Teknologi Biometri Sensor

0
5

Sistem sensor saat ini telah banyak digunakan dalam berbagai jenis mesin dalam kehidupan sehari – hari. Ada berbagaijenis sensor yang digunakan dalam mesin misalkan sensor gerak, sensor cahaya, sensor takanan hingga sensor tubuh. Sensor tubuh merupakan salah satu sensor yang menggunakan bagian tubuh manusia untuk alat ferivikasi data. Tenologi jenis ini biasa disebut sebagai teknologi biometri sensor.

Teknologi biometri sensor mamiliki berbagai jenis, sesuai dengan bagai tubuh apa yang digunakan sebagai alat sensor. Ada biometri sensor sidik jari, wajah, suara, dan mata. namun secara umum prinsip kerja dari keseluruhan jenis sensor tersebut melalui tahapan yang sama. Berikut adalah tahapan yang biasa di lakukan saat penggunanan teknologi biometri sensor :

  1. Pengambilan data,  tahap ini merupakan tahapan dimana data –data dikumpulkan dari beberapa orang atau pihak yang sangat berkepentingan denga teknologi biometri sensor ini. Pengambilan data dapat digunakan dengan berbagai alat seperti scaner, pinggerprint reader, microfone ataupun kamera tergantung dari teknologi biometri apa yang kita gunakan.
  2. Pengolahan data, tahapan ini merupakan salh satu tahapan yang berisi tentang pengolahan data yang sudah diambil. Misalkan pemberian kode, nama ataupun pengolahan jenis lain dari data yang telah diperoleh.
  3. Ekstraksi, tahapan ini merupakan salh satu proses dimana data yang telah diolah kemudian di ekstraksi agar memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar. Tujuan dari kestraksi ini adalah agar mesin dengan teknologi biometri sensor tersebut dapat memuat labih banyak data sehingg lebih optimal.
  4. Templete, tahapan ini merupakan tahapan untuk membuat data yang telah di ektraksi tersebut menjadi objek yang solid dan tidak dapat di ubah – ubah lagi. tujuannya adalah untuk menjada keamanan data yang ada agar tidak dapat diubah.
  5. Mencocokkan templet (verivikasi), tahapan ini merupakan tahapan dimana mesin akan membndingkan atau mencocokkan data yang telah diambil dari pemilik dengan templet data base yang telah ada. Pemilik dikatakan asli atau autentik jika data yang diambil cocok dengan templet yang tersimpan.

Itulah tahapan kerja yang dilakukan oleh mesin yang berbasis teknologi biometri sensor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here